Berita Selebritis

Biodata Atlet Yessy

Hobi berenang sejak kecil Yessy didaftarkan ke klub renang jepang slot  di Bandung. Dari sana ia mumulai karier profesionalnya dengan mengikuti turnamen di dalam maupun di luar negeri. Pemiliki nama lengkap Yessy Venisia Yosaputra ini lahir di Bandung, 27 Agustus 1994 dari pasangan Yohanes Yosaputra dan Sumarni. Yessy mulai hobi renang ketika usianya menginjak lima tahun. Saat itu ia sering ikut sang kakak yang menjalani terapi renang untuk pengobatan.

Pada usia enam tahun, orangtuanya mendaftarkan Yessy ke salah satu klub renang terkemuka di Bandung, Klub Renang Aquarius. Yessy berhasil menjadi juara 3 saat mengikuti kejuaraan Horizon Cup 2001 pertama kalinya. Saat itu ia bertanding pada nomor 100 meter gaya bebas.

Yessy dikenal termasuk yang rajin dalam latihan dan selalu mengikuti pertandingan walaupun tidak selalu menjadi juara pertama, tapi ia tetap giat berlatih. Saat latihan ia mulai mempelajari gaya punggung dan gaya kupu-kupu, tepat berusia 13 tahun Yessy mulai menyukai pada nomor gaya punggung.

Pada tahun 2007, Yessy berhasil menjadi juara pertama 100 meter gaya punggung kelompok umur IV pada Kejuaraan Nasional Renang. Tahun berikutnya, ia mengikuti PON 2008 di Kalimantan Timur, saat itu ia terbilang cukup sukses dengan meraih medali perak pada nomor 200 meter gaya punggung.

Berkat prestasinya itu, Yessy dipanggil untuk mengikuti pelatnas renang dan dipersiapkan untuk SEA Games 2009 di Laos. Tapi sayangnya, ia tidak jadi berangkat karena sakit. Untuk mengobati rasa kecewanya, Yessy mulai berlatih keras. Dalam sehari bisa 3-7 jam latihan ditambah lagi latihan fisik dua kali dalam seminggu.

Latihan keras Yessy akhirnya tidak sia-sia, ia berhasil meraih medali perak pada nomor 10.000 meter Asian Beach Games 2010 di Oman dan meraih medali emas nomor 200 meter gaya punggung SEA Games 2011, termasuk memecahkan rekor saat itu.

Pada Olimpiade Rio 2016, Yessy sempat menarik perhatian publik Indonesia. Sayang, ia finis dengan catatan waktu 2.20.88 detik dan berada pada urutan ke 28, sehingga gagal maju ke babak berikutnya di nomor 200 meter gaya punggung.

Meski begitu, Yessy tetap menjadi perenang andalan Indonesia. Pada ajang SEA Games 2017, Yessy berhasil mempersembahkan medali perak di nomor 200 meter gaya punggung dengan catatan waktu 2 menit 18,19 detik, hanya terpaut beberapa detik saja dari perenang asal Vietnam yang memperoleh medali emas.

Keikutsertaannya dalam ajang internasional menjadi modal penting bagi Yessy. Ia pun tetap menjadi perenang putri andalan dalam turnamen dan kejuaraan lain untuk Indonesia. (AA/DN)

KELUARGA
Ayah        : Yohanes Yosaputra
Ibu           : Sumarni
Saudara  : Yuliana Yosaputra, Hans Yosaputra

PENDIDIKAN
SD Santo Yusuf Bandung, Santa Angela Bandung
SMPN 3 Bandung
SMAK II Penabur Bandung

PRESTASI
Juara 3 nomor 100 meter gaya bebas Horizon Cup 2001
Juara pertama 100 meter gaya punggung kelompok umur IV Kejurnas Renang 2007
Medali perak di nomor 200 meter gaya punggung PON 2008 Kaltim
Medali perak pada nomor 10.000 meter Asian Beach Games 2010 Oman