Biografi
Berita Selebritis

Biografi Andrea Hirata : Penulis Laskar Pelangi

Biografi Penulis – Kepopuleran buku dan film Laskar Pelangi berhasil mengangkat nama sang penulisnya Andrea Hirata sebagai salah satu penulis berbakat yang selalu ditunggu karya-karyanya di setiap kalangan. Tidak hanya terkenal di dalam negeri, nama Andrea Hirata juga sudah bergema di kancah internasional sebagai salah satu sastrawan terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Karier menulis Andrea Hirata sendiri dimulai lewat novel semi-autobiografis yang diberi judul Laskar Pelangi dan mampu menjadi buku best seller yang paling fenomenal pada saat itu. Ditambah lagi dengan adaptasi filmnya yang disutradarai oleh Riri Riza membuat novel Laskar Pelangi semakin mengukuhkan kesuksesannya.

Biografi Andrea Hirata

Memiliki nama lengkap slot gacor 777 Andrea Hirata Seman Said Harun atau yang lebih dikenal dengan nama Andrea Hirata, penulis terkenal ini lahir di Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung pada tanggal 24 Oktober 1967. Andrea Hirata tumbuh dan besar di sebuah desa yang terbilang miskin dan tertinggal, di mana posisinya jauh di pelosok Pulau Belitong. Hal ini yang menjadi sumber atau kenangan yang dituangkannya ke dalam novel Laskar Pelangi. Baca selengkapnya Resensi Novel Laskar Pelangi disini! Andrea Hirata berhasil meraih gelar sarjana bidang ekonomi di Universitas Indonesia, meskipun lulusan jurusan ekonomi, tapi Andrea sangat menyukai fisika, kimia, biologi, dan sastra.

Karier menulis seorang Andrea Hirata dimulai saat dia menjadi relawan ketika terjadi bencana tsunami di Aceh, dan muncul keinginan lamanya untuk menuliskan sebuah cerita berdasarkan pengalaman hidupnya dalam novel dengan judul Laskar Pelangi. Novel Laskar Pelangi sendiri berhasil dirampungkan oleh Andrea Hirata selama enam bulan sebagai sebuah ironi dalam sulitnya mendapatkan pendidikan yang layak untuk putra-putri Bangsa di salah satu pulau terkaya di dunia. Secara fantastis, novel Laskar Pelangi berhasil terjual sebanyak lima juta eksemplar dan menghasilkan buku lanjutannya, yakni Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.