shohei ohtani
Biodata Atlet

Biografi Shohei Ohtani

Shohei Ohtani (terkadang terhitung dieja Otani) adalah pemain bisbol profesional Jepang yang kala ini berafiliasi bersama dengan tim Major League Baseball (MLB) Los Angeles Angels. Sebuah bakat yang langka, ia sama-sama dominan didalam melempar dan memukul dan kerap dijuluki sebagai Babe Ruth dari Jepang. Ohtani diperkenalkan terhadap olahraga ini oleh ayahnya, dan kecepatan luar biasa dari bola cepatnya menarik perhatian domestik dan internasional.

Awalnya, dia mengidamkan pergi ke Amerika Serikat langsung setelah selesaikan sekolah, melepas draft Jepang, tapi Hokkaido Nippon-Ham Fighters dari Liga Pasifik Nippon Professional Baseball (NPB) secara agresif merayunya. Dia kelanjutannya mengalah dan menjadi pilihan pertama mereka di draft 2012. Ohtani bakal bermain sepanjang lima musim seterusnya untuk Fighters dan bakal memimpin mereka meraih gelar Kejuaraan Liga Pasifik dan Seri Jepang terhadap th. 2016.

Dia terhitung telah memenangkan beberapa penghargaan privat dan kala ini memegang rekor lemparan lemparan tercepat oleh pelempar Jepang. dan didalam peristiwa NPB bersama dengan kecepatan 102,5 mph. Di tingkat internasional, ia pernah menjadi bagian tim Jepang peraih perunggu terhadap kejuaraan WBSC Premier 12 2015. Pada Desember 2017, ia kelanjutannya berkunjung ke AS sebagai pemain kontrak Los Angeles Angels.

Juga Dikenal Sebagai: Waktu Tembakan

Usia: 29 Tahun , Pria 29 Tahun

Pemain Bisbol Pria Jepang

Tinggi: 6’4″ (193 cm ), 6’4″

Masa Kecil & Kehidupan Awal

Ohtani lahir pada tanggal 5 Juli 1994, di Ōshū, Iwate, Jepang sebagai anak bungsu https://www.bogopapua.com/ berasal dari tiga bersaudara. Ayahnya, Toru, yang merupakan pemain bisbol liga perusahaan dan karyawan di pabrik Mitsubishi setempat, mendorong Ohtani dan kakak laki-lakinya Ryuta untuk memainkan permainan tersebut.

Dia bersama dengan cepat menunjukkan banyak harapan dan pada selagi dia berusia delapan tahun, dia menjadi pemain reguler di liga kecil akhir pekan. Ibunya termasuk seorang atlet, pemain bulu tangkis tingkat nasional semasa SMA.

Di masa mudanya, Ohtani terinspirasi oleh pemain sayap kiri yang kuat, Hideki Matsui, yang dulu bermain untuk Yomiuri Giants di Tokyo, cuma satu tim yang dia tonton di televisi selagi tumbuh dewasa. Dia sama-sama tertarik bersama dengan melempar bola, namun tidak dulu berasumsi olahraga itu lebih berasal dari sekadar hobi.

Di SMA Hanamaki Higashi area dia belajar, kemampuannya pertama kali menarik perhatian. Di usianya yang baru 16 tahun, ia berhasil menggapai kecepatan 99 mph (99 mph) pada pertengahan tahun 90an dan cuma membutuhkan selagi satu tahun lagi. Memanfaatkan tubuhnya yang besar—tingginya enam kaki lima kaki dikala berusia 17 tahun—dia menjadi pemain yang dinamis. Namun, pertumbuhannya yang pesat termasuk membuat cedera pangkal paha dan hamstring yang mengganggunya sepanjang masa sekolah menengah.

Selama periode ini, mekanisme pelemparannya menyebabkan beberapa masalah. Dia tidak bisa menghambat dirinya di zona serangan gara-gara pengirimannya menjadi susah dan kaku. Masalahnya selanjutnya hilang selagi ia perlahan-lahan tumbuh ke didalam tubuhnya.

Fakta Shohei Ohtani

Berposisi Sebagai Pitcher dan Designated Hitter Dengan Kemampuan Hebat

Shohei Ohtani hebat bermain di dalam dua posisi, yakni Pitcher dan Designated Hitter. Posisi pitcher sendiri bertugas melempat bola ke catcher bersama sekeras kemungkinan agar bola tidak dapat dipukul, posisi ini dipakai sementara tim sedang di dalam posisi bertahan. Sedangkan posisi designated hitter adalah peran memukul bola dan berlari mengitari lapangan terkecuali berhasil memukul bola, peran ini digunakan sementara tim di dalam posisi menyerang.

Pemain tipe ini disebut bersama Two-way player karena memainkan peran menyerang dan bertahan. Memiliki dua posisi bersama peran krusial, tentu saja itu menjadi perihal sulit. Namun, pemain kelahiran 5 Juli 1994 tersebut dapat memerankan dua posisi itu bersama lumayan baik. Dia termasuk pemain elite Two-way player bersama skill mumpuni. Oleh karena itu, lumrah saja terkecuali dia beroleh bayaran mahal atas kemampuannya tersebut.

Karier Profesional Lima Tahun di Jepang dan Enam Tahun di Amerika Serikat

Shohei Ohtani memulai karier profesionalnya terhadap tahun 2013 bersama klub Hokkaido Nippon-Ham Fighters. Pada musim pertamanya bermain di Nippo Pro Baseball (NPB), dia dinobatkan sebagai Rookie of the Year (pendatang baru terbaik). Dia menggunakan 5 tahun karier pertamanya di klub tersebut. Setelah itu, Shohei Ohtani menjadi berkarier di Amerika. Klub pertamanya di Amerika adalah Los Angeles Angels yang bermain di dalam persaingan Major League Baseball (MLB).

Dia pertama kali dikontrak terhadap Desember 2017, namun sementara itu dia mengalami cedera agar tidak dapat dimainkan. Dia menjalani debutnya menjadi musim 2018. Pada Desember 2023, dia mengakhiri era kontraknya bersama Los Angeles Angels dan berstatus Free Agent (tanpa klub). Dia pun sesudah itu dikontrak oleh rival sekota Angels, yakni Los Angeles Dodgers. Bersama Dodgers, dia dikontrak 700 juta dolar sepanjang 10 tahun.

Baca Juga: https://www.mairiederabat.com/biogarafi-atlet-criket-paling-terkenal-virat-kohli/

Bintang Utama Timnas Bisbol Jepang

Sebagai olahraga terpopuler di Jepang, tentu saja atlet-atlet yang menjadi bintang bisbol menjadi selebriti di Jepang. Apalagi Shohei Ohtani yang bermain di MLB yang merupakan liga bisbol paling elite di dunia. Pada tahun 2012, dia terpilih ke di dalam skuad Timnas U-18 Jepang untuk berlaga di Piala Dunia Bisbol U-18. Saat itu Jepang tempati peringkat ke-6. Lalu dia termasuk berpartisipasi di dalam persaingan WSBC Premier12 terhadap tahun 2015. Saat itu Jepang, berhasil mencapai posisi ketiga atau beroleh medali perunggu.

Prestasi terbaik Ohtani bersama Timnas Jepang adalah sementara WSBC World Baseball Classic 2023 (Piala Dunia-nya Bisbol).

Pada turnamen tersebut, Jepang berhasil keluar sebagai juara. Pada turnamen itu, Ohtani berhasil menjadi MVP atau pemain terbaik turnamen. Ini menjadi pelipu lara bagi Ohtani sesudah gagal memperkuat Jepang terhadap turnamen edisi 2017 karena cedera. Selama sepuluh tahun berkarier profesional, Ohtani sudah miliki segudang prestasi. Selain mejadi juara World Baseball Classic untuk Timnas. Dia termasuk memberi tambahan prestasi untuk klub. Untuk prestasi tim, dia mempunyai Hokkaido Nippon-Ham Fighters menjuarai Japan Series Championship terhadap tahun 2016.

Pada prestasi individu, selain menjadi MVP di World Baseball Classic, dia termasuk dua kali terpilih sebagai MVP American League. Ohtani merupakan Rookie of the Year untuk persaingan NPB tahun 2013 dan MLB tahun 2018. Dia termasuk terpilih sebanyak 5x untuk bertanding di NPB All-Star dan 3x untuk MLB All-Star. Pada tahun 2023, dia menjadi Home Run leader. Pada tahun 2018, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menganugerahkan Ohtani di ajang Japan Professional Sports Grand Prize Award Ceremony.