Berita Selebritis

Ini Prediksi Idul Adha 2024 versi NU, Muhammadiyah dan Pemerintah

Hari Raya Idul Adha adalah peringatan hari besar teruntuk umat muslim di segala dunia. Tak jarang, perayaan ini diselenggarakan di hari yang berbeda di tiap penjuru tempat malahan di kawasan yang sama. Tergantung pada metode penghitungannya.

Di Indonesia, mayoritas akan menunggu keputusan pemerintah untuk mempertimbangkan kapan jatuh peringatan hari besar tersebut.

Tak ayal, banyak yang mengikuti dua organisasi islam besar adalah Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Masing-masing berbeda hari lantaran metode penanggalan yang berbeda.

Pada kalender Islam, Hari Raya Idul Adha jatuh tiap 10 Dzulhijjah. Momen ini menjadi puncak proses ibadah haji di Makkah. Sementara muslim yang tidak sedang mengerjakan haji dapat mengerjakan amalan kurban.

Seandainya dikonversikan dengan kalender Masehi, maka Idul Adha akan jatuh pada tanggal dan bonus new member bulan berbeda tiap tahunnya. Pada 2024 ini, Idul Adha diperkirakan jatuh pada 17 Juni 2024 (menurut kalender masehi).

Idul Adha versi Pemerintah
Berdasarkan kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kementerian Agama (Kemenag) RI penanggalan hari raya Idul Adha tersebut masih berupa sangkaan. Hasil pastinya akan dikenal setelah sidang isbat yang dikerjakan Kemenag.

Jadwal ini juga termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri perihal cuti bersama dan libur nasional 2024. Tertuang dalam SKB tersebut bahwa Idul Adha 1445 Hijriah 2024 masehi jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 dan diatur sebagai libur nasional.

Walaupun demikian, penetapan ini adalah prediksi yang dapat berubah setelah dikerjakan sidang isbat oleh Kemenag RI. Sidang isbat penetapan Idul Adha 10 Dzulhijjah, umumnya akan dikerjakan pada akhir bulan dzulqaidah.

Idul Adha Versi NU
Berdasarkan Almanak tahun 2024 yang dirilis institusi falakiyah pengurus cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Bojonegoro, Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

Karena, posisi hilal 1 Dzulhijjah pada 8 Juni 2024 sudah ada di atas kriteria imkanur ruqyah. Melainkan, dalam penerapannya masih patut mengamati posisi hilal.
Idul Adha Versi Muhammadiyah
Pimpinan Sentra (PP) Muhammadiyah sudah mempertimbangkan Hari Raya Idul Adha bertepatan dengan 17 Juni 2024. Berdasarkan itu tertuang dalam maklumat PP Muhammadiyah nomor 1/MLM/I.0/E/2024 perihal hasil hisab Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah 1445 H.

Berdasarkan maklumat Itu, PP Muhammadiyah mempertimbangkan 1 Dzulhijjah 1445 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024 masehi. Dengan demikian, Idul Adha 2024 10 Dzulhijjah versi Muhammadiyah malahan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Prediksi Idul Adha Dirayakan Serentak
Walaupun memiliki metode penetapan yang berbeda antara Muhammadiyah, NU dan Pemerintah Indonesia. Penemuan diprediksi Idul Adha 2024 akan dirayakan serentak.

Berdasarkan ini adalah prediksi Badan Riset dan Nasional (BRIN). BRIN memprediksi Idul Adha 2024 antara Pemerintah dan Muhammadiyah akan jatuh di tanggal yang sama.

Berdasarkan ini dikarenakan posisi Hilal di akhir Zulkaidah masih -4 derajat. Itu disajikan oleh Peneliti Utama BRIN, Thomas Jamaludin.