Berita Selebritis

Model Autobiografi Diri Sendiri untuk Hati SMA Jaman Kini Lebih Menarik

Autobiografi yakni tulisan berisi gambaran perihal pengalaman yang dialami oleh seseorang dalam hidupnya. Pengalaman hidup ini dapat berupa cerita perihal kegagalan ataupun keberhasilan yang pernah dialami.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengertian autobiografi yakni riwayat hidup pribadi seseorang.

Lazimnya, isi dalam autobiografi ditulis mulai masa mahjong ways 2 kanak-kanak sampai situasi sang penulis saat ini. Ada sebagian tujuan dibuatnya autobiografi, satu di antaranya untuk mengenalkan diri sendiri kepada orang lain.

Penulisan autobiografi menerapkan sudut pandang orang pertama (saya, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menerapkan sudut pandang orang ke tiga.

Bagi siswa SMA lazimnya ada tugas khusus untuk membuat autobiografi, dan diwujudkan untuk lebih mengenal diri sendiri.

Struktur Autobiografi

Latar belakang keluarga

Berisi perihal kedua orang tua, tanggal lahir, dan tempat tinggal, si kecil ke berapa, dan lain-lain.

Latar belakang pengajaran

Berisi perihal pengajaran yang sudah ditempuh sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya.

Latar belakang prestasi

Berisi perihal seluruh prestasi yang sudah ditempuh mulai dari kecil sampai sekarang.

Latar belakang pekerjaan

Apabila sudah bekerja karenanya mencantumkannya, akan tetapi apabila masih pelajar karenanya bagian ini dapat dihilangkan.

Latar belakang hasil karya

Komponen ini secara khusus yang sudah bekerja dan untuk pelajar nilai ini dapat tak diwujudkan.

Model Autobiografi Diri Sendiri untuk Hati SMA

Model 1

Namaku Dewi Anggraini, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Saya yakni si kecil kedua dari lima bersaudara, dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi. Dewi yakni sapaan akrabku, saya terlahir dari keluarga amat simpel. Ayahku seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), meski ibuku yakni seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah. Sejak kecil ayahku selalu menasihatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan bagus kepada sesama.

Ketika umurku 6 tahun, saya mulai menimba ilmu di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian sesudah lulus melanjutkan pengajaran di SMPN 4 Majalengka pada 2009. Selepas lulus SMP, saya pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama paman di sekitaran tempat Sesungguhnya Batu dan melanjutkan pengajaran di salah satu SMA di sana.

Sejak semenjak SMP saya menyenangi menulis dan membaca puisi atau cerpen. Saya SMA, saya memberanikan ikut serta lomba menulis puisi antar SMA se-Kota Bandung bertemakan remaja dan pengajaran.

Saya menjadi peringkat ketiga dalam lomba hal yang demikian dengan puisi yang kubuat berjudul, ‘Senja di Barat Cikapundung’. Ketika saya kelas XII SMA, sesudah lulus nanti saya berencana melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia di UGM.

Model 2

Nama saya Al Habib Sholihul Amri umum dipanggil Habib dan ada pula yang memanggil saya Amri. Saya si kecil laki-laki yang lahir pada 29 Februari 2000 di Pekanbaru, Riau. Saya yakni si kecil pertama dari tiga bersaudara, dari pasangan bapak Danil dan ibu Eka Suhela.

Setelah usia 6 tahun, saya menimba ilmu di SDN 031 Pekanbaru yang sekarang berganti menjadi SDN 145 Pekanbaru. Isu lulus SD, saya diterima di SMPN 22 Pekanbaru. Kemudian, saya melanjutkan ke SMKN 2 Pekanbaru.

Di SMKN 2 Pekanbaru saya menerima dua prestasi yang pertama, yakni memperoleh peringkat ketiga lomba Jaringan Olimpiade Teknologi Selanjutnya dan Komunikasi (OTIK-9) SMA/SMK Sederajat se-Provinsi Riau yang diadakan oleh UIN Suska Riau. saya memperoleh peringkat kedua lomba jaringan Information Techonology Olympiad (ITO-6) yang diselenggarakan oleh Politeknik Caltex Riau.