Berita Selebritis

Model Buku-buku Biografi Dan Autobiografi Terkini

Kenapa buku perihal biografi dan autobiografi itu penting? Jawabannya simpel. Manusia yakni makhluk yang “dikutuk” untuk membuat dan mengonsumsi cerita. Berharap atau tidak, sadar atau tidak, kita—manusia—tiap harinya senantiasa berkisah. Setidak-tidaknya, demikianlah yang diungkap oleh Kurt Ranke (1908—1985). Dalam pandangan Ranke, bercerita yakni kebutuhan smoketothebonebbq.com manusia untuk menerima dunia seutuhnya. Pada masa ini, kebutuhan untuk bercerita ini diakomodasi via upload-an di website blog atau status di media sosial yang kita miliki.

Tapi, mengapa kita membutuhkan cerita? Ada banyak jawaban yang dapat kita ajukan di hadapan pertanyaan ini. Tapi, rasanya ada satu jawaban yang mendasar, yakni kenyataan bahwa cerita bagus fiksi maupun biografi yakni soal hidup itu sendiri. Kehidupan kita, dalam konteks penceritaan, senantiasa mempunyai tiga faktor dasar: tokoh, waktu, dan tempat. Cerita cuma mungkin ada karena adanya kehidupan. Kita tidak pernah mendengar kisah-kisah dari planet Merkurius, bukan?

Nah, kali ini Perimin mencoba memilah dan memilih sembilan buku biografi dan autobiografi. Di dalam daftar pendek ini, Perimin memang menawarkan bacaan perihal kisah hidup orang-orang yang berakibat dalam bermacam bidang. Ada yang hidup sebagai jurnalis, sastrawan, politikus, musisi, atau orang “lazim” yang menyebutkan keresahan dalam hidupnya.

Sir Victor Sawdon Prichett, atau yang lazim dikenal dengna V.S. Prichett, yakni seorang sastrawan Inggris. Karya-karyanya meliputi novel, cerita pendek, maupun ulasan yang berisi kritik sastra. Kekhasan Prichet yakni gaya penulisannya yang ironis dan caranya membuktikan kehidupan kelas menengah Inggris dengan semarak. A Cab at the Door & Midnight Oil yakni gabungan dua autobiografinya yang terbit untuk pertama kali pada akhir 1960-an dan permulaan 1970-an.