Biodata Atlet

Profil, Biodata, dan Perjalanan Karier Erling Haaland

Biodata dan agama Erling Haaland lengkap bersama karir dan kekayaannya menarik untuk diulas kali ini. Bersama Manchester City, pemain asal Norwegia itu berhasil menutup musim 2022-2023 bersama hasil sempurna.

Di musim lalu, Haaland dan skuad The Citizen berhasil memenangkan treble winner dengan sebutan lain tiga trofi yakni Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions. Itu menjadi treble winner perdana bagi Manchester City sejak klub didirikan terhadap 1880 silam.

Tidak hanya menggapai treble winner, Haaland juga dapat menyabet gelar top skor di dua persaingan tidak serupa yakni Liga Inggris dan Liga Champions. Di Liga Inggris ia mengemas 36 gol sedangkan di Liga Champions 12 gol.

Baca juga:

Biografi Tokoh Dunia: Muhammad Ali, Sang Legenda Tinju Dunia

Shena Malsiana X Factor Indonesia Meninggal Dunia

Kesuksesan yang diraihnya berikut sebabkan publik destincrustpizzeria sepak bola penasaran bersama biodata dan agama Erling Haaland lengkap bersama karier dan kekayaannya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Biodata Erling Haaland

Nama asli: Erling Braut Håland
Nama panggilan: Erling Haaland
Tempat lahir: Leeds, Inggris
Tanggal lahir: 21 Juli 2000
Umur: 22 tahun
Tinggi badan: 195 cm
Berat badan: 88 kg
Posisi: Striker
Klub saat ini: Manchester City
Nama Ayah: Alfie Haaland
Nama Ibu: Gry Marita Braut

Perjalanan Karir Erling Haaland

Sebelum berkarier di Manchester City, Haaland sempat menimba pengetahuan sepak bola di akademi lokal Norwegia yakni Bryne FK di tahun 2006. Ia debut di tim senior klub berikut terhadap musim 2015.

Dua musim berselang, anak legenda Manchester City, Alf-Inge Haaland itu pindah ke klub Norwegia lainnya yakni Molde. Bersama klub berikut Haaland mencetak 20 gol dan 6 assist berasal dari 50 laga.

Kemudian jebolan Akademi Bryne FK itu hijrah ke klub Liga Austria, RB Salzburg di musim 2019-2020. Bersama Die Roten Bullen, Haaland mempersembahkan dua trofi yakni Liga Austria dan Piala Austria.

Haaland sempat menarik perhatian saat berhasil mencetak 9 gol di laga Timnas Norwegia vs Honduras di Piala Dunia U-20 2019. Meski gagal antarkan negaranya lolos ke babak 16 besar, terhadap pada akhirnya ia nampak sebagai top skor turnamen bersama torehan 9 gol.

Hal itu sebabkan banyak klub papan atas berambisi untuk mendatangkan Haaland di bursa transfer musim 2020. Namun terhadap pada akhirnya eks pemain RB Salzburg itu memilih merapat ke Borussia Dortmund bersama tebusan mahar 20 juta euro/Rp400 miliar.

Karier gemilang Haaland lagi berlanjut saat memperkuat Die Borussen. Ia dapat menggapai trofi DFB Pokal musim 2020-2021. Serta menyabet gelar top skor Liga Champions di musim yang serupa bersama raihan 10 gol.

Sejak melakoni laga debut di Timnas Senior Norwegia terhadap September 2019, Haaland telah mencetak 24 gol berasal dari 25 laga. Pemain bertinggi 1,95 m itu melakoni debutnya di tim senior Lovene terhadap usia 19 tahun 1 bulan 15 hari.