Niki Zefanya
Biodata Penyanyi

Profil dan Pacar Niki Zefanya: Biodata, Keluarga, Agama

 Niki Zefanya adalah seorang penyanyi asal Indonesia, yang berhasil menembus musik dunia setelah merilis album berjudul Zephyr pada 2018 silam. Melalui video cover yang sering diunggahnya, NIKI kini bernaung di label musik 88rising.

Genap berusia 22 tahun, NIKI sudah menuai sederet kesuksesan. Hampir sebagian besar lagunya berhasil menjadi favorit banyak orang. Yuk kita simak fakta, profil dan biodata Niki Zefanya lewat artikel di bawah ini.

Latar Belakang Keluarga NIKI

Pemilik nama asli Nicole Zefanya, lahir di Jakarta pada 24 Januari 1999. Sejak usia belia, NIKI sudah sangat familiar dengan dunia musik. Berdasarkan pengaruh sang ibu, NIKI tumbuh dengan mendengarkan musik R&B. Lalu NIKI mulai mengunggah video cover menyanyi di YouTube di pertengahan tahun 2010.

Keputusan NIKI untuk terjun ke dunia musik, sempat tak direstui sang ayah. Namun judi bola saat beberapa video NIKI di YouTube viral hingga ditonton jutaan kali, barulah dia mendapat izin dari orang tuanya untuk bergelut sebagai musisi.

Pada 2017, NIKI memutuskan untuk pindah ke Nashville, Amerika Serikat, untuk belajar musik di sebuah universitas. Selain punya suara merdu, dia juga handal memainkan sejumlah instrumen seperti gitar, ukulele, keyboard, dan piano.

Beralih ke keluarga, ibu kandung NIKI bernama Julia Josephine Tangkau meninggal dunia pada Februari 2019 akibat tumor otak. Selain itu, NIKI juga memiliki dua adik laki-laki. Pertama berusia 10 tahun di 2021, dan adik kedua baru menginjak usia 1 tahun.

Awal Karier NIKI Sebagai Penyanyi, Debut di Amerika Serikat

Tahun 2012, NIKI memulai debutnya di Indonesia dengan menghadiri acara musik Dahsyat yang tayang di RCTI. Lalu lagu pertamanya dirilis di bawah naungan Sony Music pada 2014.

Masih di tahun yang sama, NIKI dinobatkan sebagai pemenang ajang kompetisi Cornetto Road to Fame. Keberhasilannya itu membawa NIKI tampil menjadi pembuka konser Taylor Swift, yang diselenggarakan di Jakarta tahun 2014.

Dua tahun kemudian, NIKI kembali merilis sebuah lagu berjudul Polaroid Boy. Sembari kuliah, NIKI menekuni dunia YouTube-nya dengan terus meng-cover lagu. Di tahun 2018, NIKI resmi debut di bawah naungan label 88rising dengan meluncurkan album Zephyr dengan total 8 lagu di dalamnya. Salah satu lagu miliknya berjudul Vintage berhasil masuk daftar Best of 2018 di Apple Music.

Tak Sengaja Bergabung di 88rising

NIKI bergabung dengan label rekaman 88rising pada tahun 2017. 88rising merupakan perusahaan rekaman milik Sean Miyashiro yang juga menaungi rapper asal Indonesia, Rich Brian. NIKI mengaku bahwa dirinya tidak sengaja bergabung dengan 88rising.

Hal tersebut berawal dari ajakan Rich Brian. Tak menolak tawaran tersebut, NIKI akhirnya resmi bergabung dan menjadi penyanyi wanita pertama yang bernaung di 88rising.

NIKI Sahabatan dengan Lisa Blackpink dan Jackson GOT7

Sudah bukan rahasia umum jika NIKI bersahabat dengan Lisa Blackpink. Keduanya memiliki kedekatan yang istimewa.

Awalnya, Lisa Blackpink sempat membagikan dirinya mendengarkan salah satu lagu NIKI. Ketika idol YG Entertainment itu bertandang ke Amerika Serikat, dia menyematkan diri untuk bertemu dengan NIKI hingga foto bersama. Selain kenal dengan Lisa Blackpink, NIKI juga akrab dengan Jackson Wang, salah satu member GOT7.

Lagu NIKI Sempat Trending di Korea Selatan

Suara NIKI yang unik benar-benar mencuri perhatian sejumlah media internasional, termasuk Vice dan Billboard. Bahkan dia mendapatkan julukan dari media Vice sebagai R&B Princess. NIKI disebut memiliki karakter suara yang halus dan ringan.

Saat merilis singel bertajuk Indigo pada 2019, lagu tersebut berhasil memperoleh lebih dari 1,6 juta penonton dalam waktu lima hari bertengger di kanal YouTube. Tak hanya itu, NIKI sempat menjadi trending nomor satu di tangga lagu Korea Selatan.

NIKI Punya Jiwa Nasionalisme yang Tinggi

Meskipun tinggal di negara Paman Sam, NIKI memiliki nasionalisme yang tinggi. Ia sempat menyanyikan lagu Indonesia Raya di konser Head In The Clouds Festival di LA State Historic Park, Amerika Serikat, bertepatan dengan HUT RI yang ke-74 tahun 2019.

Dengan bangga, NIKI merayakan hari kemerdekaan dengan beberapa anak lainnya yang mengibarkan bendera Merah Putih di atas panggung. Postingan NIKI mengenakan pakaian serba Merah Putih juga mendapat respons positif dari netizen.

Pacar Niki Zefanya Sekarang, Jacob Ray

Per 2021, pacar Niki Zefanya sekarang adalah Jacob Ray. Dia merupakan seorang musisi sekaligus penyanyi asal Amerika Serikat. Dalam berbagai kesempatan, NIKI sudah beberapa kali mengunggah foto mesra dengan sang kekasih di akun Instagram pribadinya.

Diketahui bahwa Jacob Ray memiliki label rekamannya sendiri bernama yang dinamai Jacob Ray Music. Lalu sejoli ini juga memelihara seekor anjing yang diurus bersama-sama.

Biodata dan Agama Niki Zefanya:

Nama lengkap: Nicole Zefanya
Nama panggung: NIKI / Niki Zefanya
Tempat, tanggal lahir : Jakarta,  24 Januari 1999
Tahun aktif: 2014-sekarang
Agensi: 88rising
Kewarganegaraan: Indonesia
Keluarga: Ibu, ayah, dua adik laki-laki
Agama: Kristen
Pendidikan: Sekolah Pelita Harapan, Lipscomb University
Media sosial: @nikizefanya (Instagram), NIKI (channel YouTube), @nikizefanya (Twitter)

Baca Juga : https://www.mairiederabat.com/profil-dan-biodata-pamungkas-agama-lagu-karier-hingga-pacar/