Mesut Ozil
Biodata Atlet

Profil Mesut Ozil, Pemain Muslim Eropa yang Akrab di Telinga Indonesia

Mesut Ozil kembali menjadi buah bibir lantaran bakal berkunjung ke Indonesia.

Berikut profil mantan pemain Real Madrid dan Arsenal tersebut.

Melalui akun Twitter pribadinya, Ozil mengabarkan bahwa dirinya tengah dalam perjalanan ke Jakarta. Ia udah memiliki lebih dari satu agenda kesibukan sepanjang di Indonesia.

Sosok Ozil merupakan keliru satu pemain sepak bola terkenal di Indonesia. Selain disukai karena kepiawaiannya mengolah si kulit bundar, penikmat sepak bola di Indonesia terhitung menggemari Ozil karena sikapnya di luar lapangan.

Pemain kelahiran Gelsenkirchen, Jerman, 15 Oktober 1988 itu dikenal sebagai spesial yang vokal terhadap isu kemanusiaan di luar lapangan hijau.

Ozil yang merupakan keturunan imigran Turki itu judi bola terpercaya diketahui miliki kedekatan personal dengan tanah air orangtuanya, Mustafa dan Gulizar Ozil.

Sudah berada di Jerman sejak lahir, Ozil memulai karier sepakbolanya di klub lokal Gelsenkirchen waktu dirinya berusia 17 tahun, sesudah itu ganti ke Rot-Weiss Essen.

Pada 2008, Ozil berhasil menembus skuad Werder Bremen. Di musim perdananya Ozil yang waktu itu berusia 20 tahun berhasil mencuri perhatian dengan torehan tiga gol dan 15 assist.

Nama Ozil pun masuk ke di dalam timnas Jerman untuk Piala Dunia 2010. Performanya yang apik selama di Piala Dunia Afrika Selatan mengakibatkan Real Madrid tertarik mendatangkannya.

Hasilnya, Ozil sangat merapat dengan Los Blancos pada di awal musim 2010/2011. Ia menjadi keliru satu tumpuan Real Madrid dengan Cristiano Ronaldo selama tiga tahun.

Hingga terhadap 2013, kasak-kusuk kepergian Ozil menghasilkan kabar mengejutkan. Sebab, ia menentukan ganti ke Arsenal dengan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Dengan nilai transfer 42,5 juta euro, ia menjadi pemain Jerman termahal terhadap masanya. Ia pun mendapat kepercayaan penuh berasal dari Arsene Wenger sebagai playmaker dan lebih dari satu kali mendapat tanggungjawab sebagai kapten.

Baca juga:

Profil dan Biodata Masayu Clara, Lengkap Agama, Umur, Suami, FTV dan Perjalanan Karier

Biodata Aghnia Punjabi, Lengkap Umur dan Agama, Beauty Influencer asal Malang yang Jago Make Up

Perjalanan Ozil terbilang panjang dengan The Gunners. Ia baru sangat hengkang berasal dari London Utara terhadap awal 2021 gara-gara beragam persoalan.

Pihak klub Arsenal ditengarai tidak sepakat dengan sikap Ozil yang sering mengunggah pernyataan di luar sepak bola. Ozil secara tegas berikan bantuan terhadap diskriminasi muslim Uighur di China.

Ozil termasuk sempat memperlihatkan kegiatannya bertemu dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Saat Ozil menikah dengan mantan Miss Turki, Amine Gulse, Erdogan pun datang dan menjadi bahan perbincangan.

Tidak sejalannya visi Ozil dengan Arsenal mengakibatkan dirinya menentukan hengkang ke Liga Turki Fenerbahce. Di sana, ia makin lama bebas menggelorakan sikapnya seperti kala mengemukakan bantuan terhadap Palestina.

Kedekatan Ozil dengan pemeluk Islam mengakibatkan dirinya mendapat simpati berasal dari muslim di dunia tak kalau Indonesia.

Tak ayal, konsep kehadiran Ozil ke Indonesia mendapat reaksi positif berasal dari pecinta sepak bola. Ia bahkan sengaja menulis dengan bhs Indonesia kala akan berangkat gunakan pesawat menuju Indonesia.