Atlet Martin Odegaard
Berita Selebritis

Profil Odegaard, Kapten Arsenal yang Termasuk Termuda di EPL

Mari mengenal lebih dekat Odegaard, sang kapten Arsenal yang terhitung jadi kapten timnas Norwegia!

Liga papan atas Inggris, Champions League, masih terjadi sampai saat ini. Beberapa klub sepak bola terbaik di Inggris memperebutkan posisi jadi juara di liga ini. Salah satu berasal dari klub berikut adalah Arsenal yang menempati posisi puncak klasemen Champions League.

Di antara para pemain bintang Arsenal, tidak benar satu pemain yang banyak disorot adalah Odegaard. Di usianya yang menginjak 24 tahun, ia udah dipercayakan posisi kapten di klub Arsenal dan terhitung tim sepak bola nasional Norwegia.

Di selama kariernya, Odegaard banyak mencetak rekor sebagai “yang termuda”, layaknya pemain termuda yang pernah masuk ke Real Madrid, dan terhitung pemain Norwegia termuda yang sukses masuk ke timnas Norwegia. Hal ini tentunya tidak lepas berasal dari kemampuannya yang mumpuni sebagai seorang atlet.

Penasaran bersama dengan Odegaard? Simak profil lengkap Odegaard dan terhitung perjalanan karirnya berikut ini!

Profil dan Biodata Odegaard

Bakat Odegaard di bidang sepak judi bola parlay mengalami penurunan di didalam keluarganya. Ayahnya merupakan mantan pemain sepak bola. Baik Odegaard maupun ayahnya sama-sama bermain sebagai gelandang. Ayah Odegaard termasuk turut menanamkan dorongan dan sikap yang baik sebagai seorang atlet.

  • Nama Asli: Martin Odegaard
  • Julukan: Martin Ømygod
  • Tanggal Lahir: 17 Desember 1998
  • Tempat Lahir: Drammen, Norwegia
  • Kebangsaan: Norwegia
  • Klub: Arsenal
  • Tanggal Bergabung: 27 Januari 2021
  • Posisi: Gelandang
  • Nomor Punggung: 8
  • Tinggi Badan: 178 cm
  • Berat Badan: 68 kg
  • Instagram/Twitter: odegaard.98 (Instagram)

Fakta Menarik Seputar Odegaard

Menjadi pemain yang menyandang banyak titel “termuda”, Odegaard punyai banyak fakta menarik yang kudu anda ketahui. Yuk liat fakta selengkapnya!

Odegaard mengawali debutnya di tingkat senior pada umur 15 tahun. Ia mencetak rekor sebagai pemain termuda yang debut di tingkat senior di Norwegia.
Saat Odegaard berhimpun bersama dengan Real Madrid di tahun 2015, ia termasuk mencetak rekor sebagai pemain termuda yang pernah berhimpun ke Real Madrid.
Odegaard jadi pemain termuda yang bermain di babak penyisihan UEFA Liga Eropa.
Odegaard menghabiskan tahun-tahun pertamanya di klub sepak bola lokal bernama Drammen Strong. Sang papa yang termasuk mantan pemain sepak bola jadi pelatih di klub tersebut.
Sebagai pemain, Odegaard populer bersama dengan kekuatan oper yang hebat, teknik yang luar biasa, dan juga kekuatan dribbling yang baik.
Odegaard sangat mengidolakan Lionel Messi.
Odegaard tidak asing bersama dengan “dipinjamkan” untuk bermain di klub lain. Sebelumnya, ia pernah bermain pas di Heerenveen, Vitesse, Real Sociedad, dan Arsenal, hingga akhirnya menetap di Arsenal.
Banyak orang yang memandang Odegaard mirip bersama dengan Messi, khususnya di dalam caranya bermain. Namun, Odegaard tidak gelap mata bersama dengan seluruh sanjungan dan pujian atas kesuksesannya.

Baca juga:

Tyler, The Creator (Tyler Gregory Okonma) adalah Seorang Rapper Amerika, Produser Rekaman

Biodata Jerome Polin, Biografi, Profil Lengkap, Agama, Umur, Keluarga dan Karir

Perjalanan Karier Odegaard

Odegaard menggiring bola.

Sumber Gambar: TEAMtalk

Sebelum menetap di Arsenal, Odegaard sempat berkunjung di beberapa klub sebagai pemain pinjaman. Di usianya yang amat muda, yaitu 15 tahun, Odegaard jadi merintis karier sepak bolanya dengan mantap dan konsisten bertahan hingga selagi ini.

1. Stromsgodset (2014–2015)

Odegaard mulai berlatih bersama Stromsgodset terhadap th. 2012 di usia 13 tahun. Ia join ke tim utama di th. yang sama di pertandingan persahabatan melawan Mjondalen IF. Di masa ini juga, Odegaard sempat melakukan kunjungan latihan ke Bayern Munich dan Manchester United.

Ia melakukan debut di liga bersama Stromsgodset terhadap 13 April 2014, yang membuatnya menjadi pemain termuda yang dulu bermain di Tippeligaen (Liga Norwegia). Odegaard diberi tanda tangan kontrak bersama Stromsgodset sampai akhir th. 2015.

Odegaard termasuk diperkirakan dapat dipanggil ke timnas Norwegia gara-gara prestasi gol yang ia torehkan untuk Stromsgodset. Mantan manajer timnas Norwegia, Nils Johan Semb, memandang Odegaard sebagai salah satu pemain usia 15 th. paling baik di Eropa, namun ia tidak mesti dikejar untuk masuk ke timnas Norwegia.

2. Real Madrid (2015–2021)

Pada 21 Januari 2015, Odegaard diberi tanda tangan kontrak berasal dari Stromsgodset ke Real Madrid, bersama cost transfer diperkirakan raih €3 juta. Odegaard dilaporkan akan berlatih bersama tim utama Real Madrid dan terhitung tim cadangannya, Real Madrid Castilla. Nantinya, Odegaard akan bermain untuk Real Madrid Castilla.

Odegaard masuk ke tim utama yang bermain di Champions League. Hal ini menimbulkan masalah berasal dari staf yang kurang menyukai dirinya berlatih bersama tim utama dan bermain bersama tim cadangan, dilengkapi lagi masalah bahasa.

Odegaard kelanjutannya mengawali debut di Real Madrid sebagai pemain pengganti di menit ke-58 untuk Cristiano Ronaldo. Ia pun jadi pemain debut termuda di Real Madrid terhadap umur 16 tahun. Selanjutnya, ia jadi pemain reguler di Castilla selama musim 2015–2016. Odegaard kemudian jadi pemain reguler untuk tim utama Real Madrid terhadap 30 November 2016.

Di musim-musim berikutnya, Odegaard sempat dipinjamkan ke sebagian klub, layaknya Heerenveen, Vitesse, dan Real Sociedad. Di akhir musim 2020–2021, Odegaard harus melewatkan musim tersebut gara-gara diagnosis cedera tendinopathy.

3. Arsenal (2021–Sekarang)

Odegaard bergabung ke Arsenal terhadap 27 Januari 2021 di dalam perjanjian utang hingga akhir musim. Ia memulai debutnya sementara bertanding melawan sang rival, Manchester United, terhadap babak Premier League sebagai pemain pengganti. Ia memulai pertandingan liga pertamanya bersama dengan Arsenal terhadap 14 Februari 2021 sementara melawan Leeds United.

Odegaard mencetak gol pertamanya terhadap pertandingan Liga Eropa sementara melawan Olympiakos. Gol ini dinobatkan sebagai “Goal of The Month” terhadap situs resmi Arsenal. Odegaard kemudian diumumkan di tandatangani kontrak permanen di Arsenal terhadap 20 Agustus 2021.

Kontrak Odegaard berasal dari Real Madrid ke Arsenal diperkirakan capai €40 juta. Kontrak ini berlaku sepanjang 4 tahun hingga tahun 2025, bersama dengan Arsenal miliki opsi untuk memperpanjang kontrak.

Setelah kepergian kapten Arsenal sebelumnya, Pierre-Emerick Aubameyang dan kapten interim Alexandre Lacazette, Odegaard ditunjuk sebagai kapten Arsenal oleh manajer Arsenal, Mikel Arteta terhadap 30 Juli 2022. Ia bakal didampingi oleh Granit Xhaka dan Gabriel Jesus sebagai wakil kapten.

Penghargaan

  • Tippeligaen Young Player of the Year: 2014
  • Idrettsgallaen Breakthrough of the Year: 2014
  • Eredivisie Player of the Month: April 2019
  • Eredivisie Talent of the Month: Mei 2019
  • Eredivisie Team of the Year: 2018–19
  • Vitesse Player of the Year: 2018–19
  • La Liga Player of the Month: September 2019
  • Gullballen: 2019
  • UEFA La Liga Revelation Team of the Year: 2019–20