Biodata Atlet

Profil Rafael Nadal, Juara French Open 2022 yang Dijuluki ‘Si Raja Tanah Liat’

Rafael Nadal dijuluki sebagai ‘Si Raja Tanah Liat’ sehabis slot spaceman ia menjuarai French Open 2022. Rafael Nadal juga banyak mendapat rekor dan catatan bersejarah. Ia jadi unggulan keempat terhadap partai final French Open 2022.

Pada pertandingannya di Stade Roland Garros, Paris terhadap Minggu, Rafael Nada berhasil mengalahkan Casper Ruud.  Juara French Open 2022 ini mengakibatkan Rafael Nadal kembali mengukir kejayaan di Roland Garros.

Petenis asal Spanyol ini pun dikabarkan bakal melaju ke babak final Prancis Terbuka 2020. Dalam babak final itu, Rafael Nadal bakal melawan petenis unggulan asal Serbia yakni Novak Djokovic di Lapangan Philippe-Chatrier, Prancis.

Menjadi pemain unggulan, banyak yang penasaran dengan sosok di balik Rafael Nadal. Berikut adalah profil lengkap Rafael Nadal!

Profil Rafael Nadal

Bernama lengkap Rafael Nadal Parera, ia lahir terhadap 3 Juni 1986 di Manacor, Mallorca, Spanyol. Ia adalah anak berasal dari seorang pemilik restoran dan pabrik pembuatan kaca, yakni Sebastian Nadal dan Ana Maraa Parera.

Pamannya, Miguel Nadal merupakan seorang mantan pemain sepak bola untuk tim nasional Spanyol, RDC Mallorca, FC Barcelona, dan Timnas Spanyol. Selain dikenal sebagai pemain tenis profesional, Rafael Nadal aktif di beragam kegiatan amal. Ia lebih-lebih mendirikan yayasan anak, sosial, dan remaja berama Fundacion Rafa Nadal terhadap November 2017 lalu. Rafael Nadal juga dikenal sebagai pemain tenis yang terlampau piawai dengan tangan kirinya.

Baca juga:

PROFIL BIODATA RIDWAN HANIF RAHMADI, YOUTUBER OTOMOTIF SULTAN

Mengenal Jimmy Kimmel yang Terpilih sebagai Pembawa Acara Oscars 2024

Walau dirinya bukan kidal, ia bermain tenis dengan tangan kiri sebab sejak kecil, pelatihnya mengajarkannya bermain dengan tangan kiri supaya ia udah terbiasa. Ia pun memulai kariernya terhadap 2002. Saat itu, Rafael Nadal menjuarai pertandingan pertamanya di umur 15 tahun di ATP (Association of Tennis Professionals). Kemudian ditahun berikutnya, kariernya makin lama gemilang selagi ia masuk sebagai pemain tenis termuda ke dua terbaik di dunia.

Rafael pun udah menjuarai 10 kali turnamen di Grand Slam dan rival terberatnya adalah Federer. Selain jadi petenis, Rafael Nadal pun dulu jadi jenis video klip Gypsy punya Shakira. Bahkan, saking populernya, nama Rafael Nadal dijadikan sebagai tidak benar satu nama asteroid yakni Asteroid 128036 Rafaelnadal. Tak cuma itu, ia pun menerima banyak sekali penghargaan sepanjang berkarier sebagai petenis profesional.

Penghargaan Rafael Nadal

– 2005: Juara Pertama di French Open melawan Mariano Puerta

– 2006: Juara Pertama di French Open melawan Roger Federer

– 2006: Runner-up di Turnamen Wimbledon melawan Roger Federer

– 2007: Juara Pertama di French Open melawan Roger Federer

– 2007: Runner-up di Turnamen Wimbledon melawan Roger Federer

– 2008: Juara Pertama di French Open melawan Roger Federer dan Juara Pertama di Turnamen Wimbledon melawan Roger Federer

– 2009: Juara Pertama di Australian Open melawan Roger Federer

– 2010: Juara Pertama di French Open melawan Robin Soderling

– 2010: Juara Pertama di Turnamen Wimbledon melawan Tomas Berdych

– 2010: Juara Pertama di US Open Hard melawan Novak Djokovic

– 2011: Juara Pertama di French Open melawan Roger Federer

– 2011: Runner-up di Turnamen Wimbledon melawan Novak Djokovic dan Runner-up di US Open melawan Novak Djokovic.

Nah, itulah profil lengkap Rafael Nadal pemain tenis profesional yang dijuluki sebagai ‘Si Raja Tanah Liat’.